Panduan Lengkap Niat Tata Cara Sholat Idul Fitri Yang Benar

Advertisement
Advertisement
Panduan Lengkap Niat Tata Cara Sholat Idul Fitri Yang Benar.Bahasan singkat tentang cara sholat Idul Fitri kami muat di artikel ini untuk dapat mudah di pahami oleh sebagian muslim awam .Pada dasarnya, niat sholat hari raya idul fitri sama halnya dengan niat sholat-sholat yang lain yakni cukup diucapkan di dalam hati, niat hanya semata karena Allah dengan hati yang iklas dan mengharapkan ridho Allah SWT.

Seperti diketahui, bahwa sholat hari raya idul fitri merupakan sholat sunnah yang dilakukan setahun sekali setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa ramadhan, dan sholat ini tergolong dalam shalat sunah muakkad, yaitu sholat sunnah yang sangat dianjurkan.


Untuk lafadz niat sholat sunah idul fitri lengkap dalam bahasa arab, tulisan latin dan terjemahannya akan kami bahas di halaman ini, baik itu niat sholat idul fitri sebagai imam maupun niat sholat sebagai ma'mum. Dan berikut adalah bacaan niat selengkapnya.

Panduan Lengkap Niat Tata Cara Sholat Idul Fitri Yang Benar

Seteelah anda membacaa bacaan niat sholat Idul Fitri diatas maka takbiratul ikhram lah dan cara sholat Idul Fitri setelah Takbiratul Ikhram tinggal membaca bacaan doa Iftitah dan selanjutnya takbir sebanyak 7 (Tujuh) kali pada rakaat pertama 5(lima) pada rakaat kedua dan setiap habis membaca takbir disunahkan untuk membaca bacaan Tasbih seperti dibawah ini.

سُبْحَانَ اللهْ وَالْحَمْدُ لِلهْ وَلآ اِلَهَ اِلَّا اللهْ وَاللهُ اَكْبَرْ

subhanallah walhamdu lillah wala ilaha illallah wallahu akbar
Artinya: Mahasuci Allah dan segala puji bagi Allah dan tiada Tuhan selain Allah dan Allah Mahabesar.

Niat Sholat Sunah Idul Fitri sebagai Imam

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATA 'IIDHIL FITHRI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI IMAAMAN LILLAAHI TA'AALA

Artinya :
Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala

Niat Sholat Sunah Hari Raya Idul Fitri sebagai Ma'mum

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATA 'IIDHIL FITHRI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA

Artinya :
Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala

Sesudah sholat idul fitri kita di anjurkan untuk membaca doa ini.

اَللّهُمَّ اَهْلَ الْكِبْرِيَاءِ وَالْعَظَمَةِ، وَاَهْلَ الْجُودِ وَالْجَبَرُوتِ، وَاَهْلَ الْعَفْوِ وَالرَّحْمَةِ، وَاَهْلَ التَّقْوَى وَالْمَغْفِرَةِ، اَسْاَلُكَ بِحَقِّ هَذَا الْيَومِ الَّذِي جَعَلْتَهُ لِلْمُسْلِمينَ عِيْدًا، وَلِمُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ ذُخْرًا وَشَرَفًا وَمَزِيْدًا، اَنْ تُصَلِّيَ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ، وَاَنْ تُدْخِلَنِي فِي كُلِّ خَيْرٍ اَدْخَلْتَ فِيهِ مُحَمَّداً وَآلَ مُحَمَّدٍ، وَاَنْ تُخْرِجَنِي مِنْ كُلِّ سُوءٍ اَخْرَجْتَ مِنْهُ مُحَمَّدًا وَآلَ مُحَمَّدٍ صَلَوَاتُكَ عَلَيْهِ وَعَلَيْهِمْ، اَللَّهُمَّ اِنِّي اَسْاَلُكَ خَيْرَ مَا سَأَلَكَ مِنْهُ عِبَادُكَ الصَّالِحُونَ، وَاَعُوذُ بِكَ مِمَّا اسْتَعَاذَ مِنْهُ عِبَادُكَ الْصَّالِحُونَ


Ya Allah, wahai Pemilik kebesaran dan keagungan, wahai Pemilik kedermawanan dan jabarut, wahai Pemilik pengampunan dan kasih sayang, wahai Pemilik takwa dan maghfirah. Aku memohon kepada-Mu dengan hak hari ini, yang Kau jadikan hari besar bagi kaum muslimin, dan dengan keagungan dan kemuliaan Nabi Muhammad Saw dan keluarganya, sampaikan shalawat kepada Nabi Muhammad dan Keluarga Nabi Muhammad, masukkan aku pada setiap kebaikan yang Kau masukkan ke dalamnya Nabi Muhammad dan keluarganya, keluarkan aku dari setiap keburukan yang Kau keluarkan darimya Nabi Muhammad dan keluarganya. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu yang terbaik dari apa yang dimohon oleh hamba-hamba-Mu yang shaleh. Aku memohon perlindungan kepada-Mu dari segala apa yang perlindungannya dimohon oleh hamba-hamba-Mu yang shaleh.

Demikian saudaraku yang muslim panduan tata cara sholat idzul fitri secara singkat untuk dapat mudah di mengerti dan di pahami oleh sebagian muslim awam.semoga sekirany bermanfaat dan kita yang muslim benar-benar bisa melaksanakan sholat Idul fitri dengan baik,kalau kita masih kurang bisa untuk sholat idul fitri maka ada baiknya kita bertanya lebih dulu kepada ustadz setempat yang ada di sekitar lingkungan kita.artikel terkait kami sajikan bacaan sholat 5 waktu, terimaksih anda telah membaca artikel salmanpakot.

Advertisement